Selamat Datang Di LKP RIFTON METRO, Pusat Kursus Teknisi Elektronik dan Teknisi Komputer yang telah banyak menciptakan Tenaga Teknisi Handal yang telah tersebar di seluruh Lampung dan Luar Lampung, ayo segera bekali diri anda dengan keterampilan elektronik dan komputer sekarang.. Tunggu apalagi masa depan ada ditangan anda . Terima Kasih Atas Kunjungannya Di Alamat Kami, http://lkp-rifton.blogspot.com/

5 Okt 2014

Skema Rangkaian Microphone/Mic Wireless

Posted by LembagaKursus Rifton  |  at  20.24

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

VHF FM Wireless Microphone


Pada suatu hari ada seorang teman yang minta dibetulkan radionya.  Ternyata radionya merk “UNICO” yang bentuknya hampir mirip dengan pesawat walkie talkie, karena memang bisa difungsikan sebagai walkie talkie dengan pemancar mini (lebih tepat disebut wireless microphone) yang amat sangat mininya.  Namun demikian menurut pengakuannya dulu pernah dipakai brik-brikan dengan temannya menggunakan pesawat yang sama sampai kira-kira jarak 1 kilometeran.
Akhirnya radio tersebut penulis oprek-oprek, ternyata ada yang konslet di beberapa bagian. Setelah penulis betulkan bagian yang konslet tersebut, radio bisa menyala kembali.  Radio ini lumayan sensitif juga, dengan komponen utamanya IC CXA111P.  Pemancar mininya pun masih berfungsi.  Bagian penerima kurang begitu menarik perhatian.  

Yang menarik perhatian penulis adalah bagian pemancar mininya yang konon bisa mencapai jarak 1 kilometer.  Jarak yang lumayan jauh untuk ukuran pemancar mini (wireless microphone) dengan tegangan hanya 3 volt.  Untuk memuaskan rasa penasaran, bagian wireless mic / pemancar mininya penulis gambar ulang dan coba di re-design agar lebih bagus. Lilitan oscillator yang aslinya hanya ferit dililit kawat, disini penulis coba gunakan koker inti ferit ukuran 5 mm, untuk mempermudah perpindahan frekuensi.
Wireless Microphone "UNICO" versi 1 setelah dirakit

Setelah penulis rakit, ternyata hasilnya memang cukup memuaskan untuk ukuran pemancar sekecil itu.  Meskipun tanpa pre-amp mic tapi sudah termasuk sensitif.  Suara di kejauhan bahkan suara detak jam dinding bisa terdengar dengan jelas.  Kestabilan juga lumayan bagus, meskipun agak terpengaruh oleh tangan atau badan kita, tetapi apabila diberi shielding / box pasti bisa terkurangi. Mengenai jarak, tergantung dari radio penerima dan jalur frekuensi yang digunakan.  Disini penulis mempergunakan radio penerima rakitan sendiri (TA7302, TA7303 & LM386) front end menggunakan tuner VCO merek mitsumi dan antena eksternal.  Jarak 100 meter terhalang tembok dan beberapa ruangan masih terdengar dengan jelas.  Belum dicoba untuk jarak yang agak jauh lagi.  Jalur frekuensi yang penulis gunakan adalah dibawah band broadcast, yaitu 81 MHz.  Untuk menurunkan frekuensinya bisa kita lakukan dengan cara menambah lilitan primer atau memperbesar nilai capasitor antara colector dan emitor.  Komponen aslinya Transistor Oscillator adalah 2SC829, dalam percobaan penulis ganti dengan transistor 2SC838.  Transistor kedua bisa menggunakan 2SC1674, seandainya 2SC1675 tidak ada.  Bisa juga diganti dengan transistor VHF yang lain, tetapi mungkin konsumsi baterai dan jarak pancar juga akan lain.  Sedangkan lilitan kawat menggunakan ukuran 0,5 mm.
Dengan komponen yang minim, bisa kita rakit dengan bentuk sekecil mungkin.  Bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya penyadapan atau sekedar menguping pembicaraan, atau bahkan untuk berkomunikasi.
Akhirnya penulis mengambil kesimpulan bahwa wireless microphone dari radio merek UNICO tersebut adalah wireless mic yang bagus, bisa diandalkan dan memungkinkan apabila dipergunakan untuk komunikasi jarak pendek seperti kata teman saya tersebut.  Bagi para pembaca yang ingin membuatnya dibawah ini saya sertakan skema, dan desain PCBnya.
 
 Skema Wireless Microphone "UNICO"

PCB dan layout versi 1 (menggunakan koker dengan jarak kaki ukuran lebar) 
 ukuran PCB 3,9 x 1,9 cm

Layout komponen versi 1

PCB dan layout versi 2 (menggunakan koker dengan jarak kaki ukuran kecil dan posisi resistor berdiri)


 layout komponen versi 2
 
PCB versi 2 (ukuran PCB 3,8 x 1,8 cm)

2.Rangkaian Microphone/Mic FM Wireless

Mikrofon / Mic Wireless FM pada dasarnya adalah pemancar FM daya rendah. Mic WirelessFM sirkuit Anda dapat menggunakannya untuk mengganti mic wireless, biasanya harganya yang cukup mahal. Jika Anda adalah penggemar elektronik, maka seri ini layak mencoba, . Berikut adalah gambar rangkaian:
Microphone/Mic FM  Wireless Skema Rangkaian Microphone/Mic FM Wireless

Daftar Komponen Mikrofon / Mic Wireless

R1 = 10K (coklat-hitam-oranye)
R2, R3 = 100K (coklat-hitam-kuning)
R4 = 470 ohm (kuning-ungu-coklat)
C1, C3 = 4.7pF (4p7), keramik
C2, C4 = 4.7uF-16V, electrolytic
C5 = 0.001uF (1NF), keramik
C6 = 470pF, keramik
Q1, Q2 = 2N2222, NPN transistor
L1 = 1uH, induktor variabel
Mic = electret mikrofon, 2 kabel


Q1 menguatkan sinyal input melalui C4 dari mikrofon electret. Q2 bertindak sebagai osilator dan sinyal yang datang dari C2 diumpankan ke basis Q2. L1/C1 adalah disebut 'tangki'sirkuit dan beroperasi di band 88-105MHz pada reguler dial AM / FM radio.
L1 adalah kumparan induktor 1uH variabel untuk dapat tune sedikit, dan berbagai 1uHmerupakan perkiraan. Antena dapat sesederhana sepotong 8 "(21cm) dari kawat apapun.
Untuk Pendaftaran Kursus Silahkan Isi Formulirnya DiSini !

Instruktur Kursus

"Bekali Diri Dengan Keterampilan Elektronik dan Komputer,Pintar Service, Jadi Desainer, Buka Rental, Buka Percetakan, Bisnis Online dengan WEB.. Semua Bisa Disini. Ayoo Raih Mimpimu dan Mulai Dapatkan Penghasilan Sendiri.!"

Lowongan Kerja

Software Komputer

Belajar Service Video

Belajar Service Komputer

Lowongan Kerja


© 2013 LKP RIFTON METRO. Bibit Support by Hobby Elektronik
Partner. Powered by KlikBUka.
back to top