Selamat Datang Di LKP RIFTON METRO, Pusat Kursus Teknisi Elektronik dan Teknisi Komputer yang telah banyak menciptakan Tenaga Teknisi Handal yang telah tersebar di seluruh Lampung dan Luar Lampung, ayo segera bekali diri anda dengan keterampilan elektronik dan komputer sekarang.. Tunggu apalagi masa depan ada ditangan anda . Terima Kasih Atas Kunjungannya Di Alamat Kami, http://lkp-rifton.blogspot.com/

16 Mar 2014

Merancang Kulkas Mini Sendiri

Posted by LembagaKursus Rifton  |  at  20.13

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Mungkin anda punya keinginan untuk membuat kulkas mini buatan anda sendiri, masih bingung cara membuatnya? Kami sarankan anda membuatnya dengan komponen thermoelektrik Peltier. Peltier adalah salah satu elemen pendingin yang sangat praktis dan banyak sekali digunakan. Juga dalam peralatan rumah tangga, dispenser pun menggunakannya untuk mendinginkan air dalam tabung penyimpanan.
Peltier merupakan komponen yang berbentuk kotak tipis dengan dua sisi lebar dan mempunyai dua kutub kabel penghubung, dua sisi lebar tersebut akan berubah menjadi panas dan sisi lainnya menjadi dingin jika kedua kutub dialiri tegangan. Sisi dingin inilah yang dimanfaatkan untuk mendinginkan benda dengan cara ditempelkannya, cara kerjanya adalah dengan cara membuang hawa panas dari satu sisi ke sisi lainnya oleh karena itu sisi sau jadi dingin dan sisi seberang jadi panas, suhu dari kedua sisi tersebut dapat berbeda 65 derajad celcius, jika sisi panas peltier anda beri pendingin maka akan menyebabkan sisi dingin akan lebih dingin lagi. Anda pun dapat berkreasi dengan peltier ini, peltier ini dapat dikreasikan menjadi Kulkas mini, Pendingin air atau pendingin prosesor. Bentuk peltier adalah sebagai berikut :
peltier
Mungkin penjual komponen tidak mengetahui peltier jika anda membeli di toko komponen, banyak orang lebih mengenalnya elemen pendingin dispenser.

Percobaan Menggunakan Peltier

Peltier menggunakan tegangan 12 Volt dan arus sekitar 5 Ampere. Peltier ini dapat dihubungkan secara seri atau paralel dengan peltier yang lain. Ujicoba menggunakan peltier menggunakan sumber tegangan 12 Volt, dan heatsing agar sisi panas tidak terlalu panas, dan juga thermometer.
peltier dengan heatsink
Peltier yang sisi panasnya dipasangi heatsink akan membuat sisi dinginnya menjadi lebih dingin.
termometer peltier
Termometer dipasang pada sisi dingin peltier agar dapat mengetahui suhu peltier. Setelah semua lengkap, maka kita tinggal mengalirkan arus pada peltier. Dan baca hasilnya pada termometer. (dalam uji ini, catu daya hanya menggunakan sekitar 2 ampere)
suhu peltier
Suhu awal 32,7 derajad celsius dan setelah peltier dihidupkan selama 30 detik menjadi 2,2 derajad celcius. Jika anda menggunbakan heatsink yang baik dan teganggan yang optimal maka anda bisa mendapatkan suhu terdingin, bahkan bisa muncul bunga es!
peltier es
Coba bayangkan, anda dapat membuat kulkas dengan beberapa peltier saja. Anda dapat membuat bentuk lemari mini dengan plat yang kemudian dipasang beberapa peltier diberbagai sudut, jangan terlalu besar membuat lemarinya agar dinginnya bisa optimal.
Terima kasih Atas Kunjungan Anda, Untuk Unduh Klik Dibawah Ini >>>
Untuk Pendaftaran Kursus Silahkan Isi Formulirnya DiSini !

Instruktur Kursus

"Bekali Diri Dengan Keterampilan Elektronik dan Komputer,Pintar Service, Jadi Desainer, Buka Rental, Buka Percetakan, Bisnis Online dengan WEB.. Semua Bisa Disini. Ayoo Raih Mimpimu dan Mulai Dapatkan Penghasilan Sendiri.!"

Lowongan Kerja

Software Komputer

Belajar Service Video

Belajar Service Komputer

Lowongan Kerja


© 2013 LKP RIFTON METRO. Bibit Support by Hobby Elektronik
Partner. Powered by KlikBUka.
back to top